oleh

Jaksa Agung RI Lakukan Rotasi Jabatan Kajari di Sumsel, Termasuk PALI, Muara Enim

Jakarta, Target Informasi.Com 23/5/2024- Jaksa Agung (Republik Indonesia) RI, Prof. Dr. Sanitiar Burhanuddin, SH, MH, melakukan rotasi jabatan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel), termasuk Kajari Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Muara Enim dan Kajari.

Selain Kajari, rotasi juga meliputi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumsel dan jabatan lainnya. Mutasi tersebut didasarkan pada Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 121 Tahun 2024, tanggal 21 Mei 2024, mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Struktural PNS Kejaksaan RI yang ditandatangani oleh Jaksa Agung RI, Prof. Dr. Sanitiar Burhanuddin, SH, MH.

Keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-IV523/C/05/2024, mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Struktural PNS Kejaksaan RI dimaksud ditandatangani atas nama Jaksa Agung RI, Jaksa Agung Muda Pembinaan, Dr. Bambang Sugeng Rukmono.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana, mengkonfirmasi adanya mutasi jabatan tersebut. Dia menyatakan bahwa ada Kapuspenkum baru, Dr. Harly Siregar, yang berasal dari Kajati Papua Barat.

Adapun beberapa nama Kepala Kejaksaan Negeri di Sumsel yang dimutasi antara lain adalah:

1. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) PALI, Agung Arifianto, SH, MH, menjadi Kepala Bagian Protokol dan Pengamanan Pimpinan pada Biro Umum Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung. Kajari PALI yang baru adalah Farriman Isandi Siregar, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tata Usaha pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur.

2. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muara Enim, Ahmad Nuril Alam, SH, MH, menempati posisi baru sebagai Kajari Probolinggo. Pengganti Ahmad Nuril Alam adalah Rudi Iskandar, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Kajari Muko Muko.

3. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lubuklinggau, Dr. Riyadi Bayu Kristianto, SH, MH, menjadi Inspektur Muda Tindak Pidana Umum dan Perdata dan Tata Usaha Negara pada Inspektorat II Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung. Riyadi digantikan oleh Anita Asterida, SH, MM, MH, yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tata Usaha pada Sekretariat Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

4. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Musi Banyuasin (Muba), Romy Rozali, SH, MM, menempati posisi baru sebagai Asisten Pembinaan pada Kejati Riau. Posisi Romy diisi oleh Roy Riady, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Kajari Prabumulih. Sedangkan Kajari Prabumulih dipegang oleh Khristiya Lutfiasandhi, SH, MH, yang sebelumnya Koordinator pada Kejati Jawa Timur.

Selain rotasi jabatan Kajari, sejumlah pejabat di Kejati Sumsel juga mengalami mutasi. Misalnya, Abdullah Noer Deny, SH, MH, yang dari Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Sumsel menjadi Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung. Pengganti Abdullah adalah Umaryadi, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Kajari Cirebon.

Wakil Kajati Sumsel, Herry Ahmad Pribadi, SH, MH, naik pangkat menjadi Kajati Maluku Utara. Pengganti Herry adalah Pipuk Firman Priyadi, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Wakil Kajati Sulawesi Tengah.

Begitu juga dengan pejabat lainnya yang juga mengalami pergeseran jabatan sesuai dengan keputusan mutasi yang telah diambil oleh Jaksa Agung RI.(tim)

Editor : Rosidi.AR.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *