oleh

Program Studi Ilmu Pemerintahan Lakukan Studi Banding ke UM Ponorogo

Target Informasi.Com,9/5/2023
Sivitas Akademika Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara melakukan studi banding pengelolaan perguruan tinggi khususnya program studi ke Universitas Muhammadiyah (UM) Ponorogo, Kamis (02/05/24). Kegiatan ini sangat perlu dilakukan mengingat perkembangan dunia saat ini sungguh syarat dengan berbagai persaingan yang begitu ketat dari berbagai bidang di dalamnya. Persaingan itu tidak lepas dari semua unsur kebutuhan manusia yang selalu berkembang setiap detiknya. Di sini sangatlah jelas harus adanya upaya reformasi untuk sebuah perubahan yang dapat menjawab semua tantangan perkembangan era global, terlebih lagi bagi bangsa Indonesia. Kondisi saat ini memiliki banyak tantangan yang harus siap dan sigap dihadapi oleh segenap manusia untuk dapat berbenah diri dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya, termasuk pula ada upaya meningkatan kualitas dan mutu lulusan pada universitas.
Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara, Yahnu Wiguno Sanyoto, mengatakan bahwa peran perguruan tinggi dalam pembangunan pendidikan di Indonesia sudah tidak diragukan lagi dan sudah diakui oleh banyak pihak. Pembangunan lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi sudah tersebar di berbagai daerah di tanah air. Ia pun mengungkapkan bahwa pengelolaan perguruan tinggi berjalan secara dinamis dan menunjukkan progres dari tahun ke tahun terkait dengan aktivitas tridarma perguruan tinggi. Namun, tentunya hal tersebut juga dihadapkan pada tantangan dan ancaman global baik yang datangnya dari dalam maupun dari luar pihak pengelola.
Hal inilah yang kemudian mendorong Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara untuk berkunjung ke Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UM Ponorogo. Selain sebagai media silaturahmi, kunjungan ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak kerjasama antara Universitas Baturaja dengan UM Ponorogo dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi.

Banyak hal yang didiskusikan dalam pertemuan kedua Program Studi Ilmu Pemerintahan ini, diantaranya adalah terkait dengan manajemen perkuliahan dan pengembangan kurikulum, tata kelola fasilitas dan laboratorium untuk menunjang proses belajar mengajar, keberadaan organisasi kemahasiswaan dan pelibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen, serta yang tidak kalah penting adalah tata kelola program penerimaan mahasiswa baru jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Dialog akademik ini berjalan dengan penuh rasa kehangatan dan kekeluargaan walaupun baru kali pertama bertemu. Kedua program studi saling bertukar informasi dan pengalaman serta saling memberikan solusi atas persoalan-persolan akademik yang dihadapi dalam proses pencapaian kinerja tridharma perguruan tinggi.

Ke depan, harap Dekan FISIP Unbara, Septiana Wulandari yang turut mendampingi kegiatan dialog akademik ini, pertemuan-pertemuan seperti ini dapat dilakukan secara lebih intensif dan tentunya dilandasi dengan dokumen hitam diatas putih dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) agar jalinan kerjasama menjadi lebih terstruktur dan sistematis untuk meningkatkan nilai Indikator Kinerja Utama (IKU) dari masing-masing perguruan tinggi

Editor : Rosidi.AR.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *